Unroot Samsung Galaxy Spica

Unroot Samsung Galaxy Spica. Berikut saya akan menginformasikan cara melakukan unroot pada Samsung Galaxy Spica (Android Eclair). Dengan melakukan unroot ini, otomatis semua fitur yang ada pada ponsel Galaxy Spica kita akan kembali ke fitur original dari Android Eclair Galaxy Spica. Cara kerja dari unroot ini sendiri secara prinsip adalah sama seperti saat kita melakukan root Galaxy Spica, hanya saja sekarang yang kita gunakan adalah firmware versi original dari Android Eclair (di sini saya gunakan I570EDXJC4). Buat temen-temen yang kebetulan Galaxy Spica-nya udah di-root dan ingin kembali ke versi original Android Eclair atau sekedar ingin mengetahui cara unroot Galaxy Spica, bisa melihat langkah-langkah berikut ini.

Sebelum melakukan proses unroot, yang harus kita persiapkan adalah firmware versi I570EDXJC4 yang bisa didownload disini http://goo.gl/fUTlF, di sini kita perlu melakukan registrasi, setelah didownload, ekstrak file firmware tersebut (yang kita butuhkan adalah file I570EDXJC4.tar). Pilih firmware ponsel Android I5700 (Galaxy Spica) untuk Asia (dari beberapa firmware yang ada, saya coba dan versi I570EDXJC4 yang bisa berjalan dengan normal, firmware versi lain membuat Galaxy Spica saya tidak bisa booting).

Selain firmware tersebut, kiat juga menggunakan Odin v4.03 dan spica_jc3.ops, kedua file bisa didownload di sini http://goo.gl/0bJb0. Jangan lupa untuk membackup semua data yang ada di memory ponsel dan juga di memory card (jika kita sebelumnya telah mempartisi memory card untuk Apps2SD ada baiknya untuk menghapus partisi untuk Apps2SD, jadi hanya ada satu partisi saja) karena semua data akan hilang.

Untuk memulai proses Unroot, jalankan Odin v4.03, pada bagian Option semua pilihan kita centang (One Package, Reboot, Protect OPS, dan Reset Time), berikutnya bagian Select OPS, kita buka dan pilih file spica_jc3.ops, bagian Boot, Phone, PDA, dan CSC dikosongkan karena kita menggunakan pilihan One Package, yaitu file I570EDXJC4.tar.

Langkah selanjutnya matikan ponsel, lepaskan SIM card dan memory card, dan nyalakan kembali dalam mode Download (tekan bersamaan tombol bawah volume, camera, dan power), setelah masuk mode Download, hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan kabel data bawaan Galaxy Spica, tunggu sampai Odin mendeteksi ponsel Galaxy Spica kita (sama seperti saat kita melakukan proses root).

Screenshot1 Odin unroot galaxy spica

Jika ponsel sudah berhasil dideteksi, kita lanjutkan dengan menekan tombol Start untuk memulai proses unroot (update firmware original Galaxy Spica) dan tunggu hingga proses selesai, dan ponsel Galaxy Spica kita akan melakukan restart secara otomatis. Setelah selesai, kita bisa mematikan Galaxy Spica kita dan memasang kembali SIM card serta memory card.

Screenshot Odin unroot galaxy spica

Jika proses unroot (update firmware original) ini berhasil, maka sekarang Galaxy Spica kita akan kembali seperti semula, mulai dari animasi saat startup, sampai dengan launcher serta aplikasi akan menjadi standar original Android Eclair.

Screenshot unroot galaxy spica
Screenshot
Demikian temen-temen informasi singkat tentang update firmware original Android Eclair (unroot Galaxy Spica), semoga bermanfaat dan bisa jadi tambahan referensi.

Catatan:
Dalam beberapa percobaan yang saya lakukan, ada kasus dimana animasi untuk startup tidak berubah (masih muncul animasi dari Samdroid), dan jika temen-temen ada yang mengalami kasus serupa bisa mencoba untuk melakukan update firmware dengan firmware lain terlebih dahulu (sebagai contoh firmware I570EXFAJF2), setelah selesai proses update dengan firmware tersebut dan ponsel kita tidak bisa reboot, jangan kuatir. Ulangi lagi proses update dengan firmware I570EDXJC4 di atas.

Tujuan dari mengganti firmware ini (I570EXFAJF2) adalah untuk menghilangkan animasi Samdroid yang masih muncul seperti contoh kasus yang saya alami.

Penting:
Proses unroot ini sendiri memiliki resiko merusak ponsel Galaxy Spica, jadi segala macam kerusakan menjadi tanggung jawab sendiri. Jangan melakukan proses unroot jika temen-temen ragu untuk melakukannya.



1 komentar :

avatar
×

@moch devi sasmito
Terimakasih sudah berkunjung